Headlines News :
Home » » Bogor Hanya Unggul di Agrowisata

Bogor Hanya Unggul di Agrowisata

Written By Unknown on Saturday 22 September 2012 | 13:32


bogorgeulis.com Kota hujan yang kaya akan panorama alam dan tempat wisatanya ini ternyata hanya mampu pada kategori agrowisata di tingkat nasional.

Bicara soal pariwisata, Indonesia juga masih tertinggal jauh dari negara-negara lain. Misalkan dari berita www.beritasatu.com, jajak pendapat yang dilakukan oleh situs wisata, First Choice, ternyata Indonesia ada di urutan keempat dunia yang paling banyak menjadi tempat favorit kunjungan turis di dunia.  

Justru nomor pertama jatuh pada negara kecil, Latvia, di Eropa utara, yang dikatakan sebagai negeri paling cantik sedunia.
Inilah 20 negara tercantik di dunia:


1. Latvia
2. Meksiko
3. Turki
4.  Indonesia
5. Inggris
6. Italia
7 . Selandia Baru
8. Brasil
9. India
10. Kanada
11. Irlandia
12. Amerika Serikat
13. Kroasia
14. Swiss
15 . Australia
16. Kolombia
17.  Yunani
18.  Peru
19. Portugal
20. Prancis


Lalu bagaimana pariwisata Indonesia di tingkat Asean? Berbeda dari penilaian First Choice, peringkat pariwisata Indonesia dalam World Economic Forum ‘The ASEAN Travel & Tourism Competitiveness Report 2012’ ada dirangking 5 Asean. Peringkat Indonesia itu pada hasil Travel and Tourism Index yang menilai 139 negara di seluruh dunia. Sedangkan soal pertumbuhan pariwisata Indonesia dikemukakan Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Begitu juga pada 10 tempat wisata paling unik di dunia, Indonesia tidak termasuk (wahw33d.blogspot.com).  Dan inilah 10 tempat wisata paling unik di dunia:

1.Dinosaur Provincial Park, Kanada
2. Salar de Uyuni, Bolivia
3. Chocolate Hills: Bohol, Filipina
4. Fansipan Mountain: Vietnam
5.Gunung Mayon: Albay, Filipina
6. Pamukkale Springs: Turki
7. The Burren: Irlandia
8. Camargue Marsh: Perancis
9. Djoudj Sanctuary: Senegal
10.Palung Mariana: Samudera Pasifik


Mungkin inilah yang menjadi geliat kinerja kementerian terkait untuk terus meningkatkan kualitas pariwisata di tanah air. Karena biar bagaimana pun kita memiliki tempat-tempat yang memiliki potensi pariwisata kelas dunia. Untuk di tanah air sendiri, ada 10 besar obyek wisata terfavorit, yaitu: 

1. Borobudur
2. pulau komodo
3. Danau tiga warna Kelimutu
4. Puncak Jayawijaya dan Carstenz
5. Prambanan
6. Pulau Bali
7. Bromo
8. Toraja
9. Krakatau
10. Danau Toba


Jika tidak di dunia internasional, pariwisata Bogor ternyata masih belum unjuk gigi di tingkat nasional.  Bogor hanya tercata sebagai wilayah keanekaragaman flora dan fauna. Yaitu ada di Kebun Raya Bogor,  yang merupakan lokasi agrowisata populer yang telah berdiri sejak abad 19 dan merupakan yang tertua di Asia dengan koleksi tumbuhan tropis terlengkap di dunia. Juga Taman Wisata Mekarsari yang merupakan taman buah tropis terbesar dan terlengkap di dunia dengan koleksi taman ini mencapai 100ribu tanaman buah yang terdiri dari 78 famili, 400 spesies, dan 1.438 varietas.

Memang ini menjadi catatan penting bagi Kota Bogor yang pernah menjadi peringkat ke-6 dan Kabupaten Bogor masuk 10 besar terbaik se-Indonesia untuk terus meningkatkan potensi dan kualitas pariwisata lokal. Meski demikian kiranya ada sembilan objek wisata di Bogor (www.tripadvisor.co.id) yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat luar.

Peringkat 1: Taman Safari Indonesia Cisarua
Peringkat 2: Kebun Raya Bogor
Peringkat 3: Istana Bogor
Peringkat 4: Gunung Geulis Country Club
Peringkat 5: Pura Taman Sari
Peringkat 6: Gong Home Factory Bogor
Peringkat 7: Gunung Bunder
Peringkat 8: Rancamaya Golf & Country Club
Peringkat 9: Pemandian Air Panas Gunung Pancar

(abri)

foto: timwu.org 
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template