Headlines News :
Home » » Caspar Georg Karl Reinwardt, Pendiri Kebun Raya Bogor

Caspar Georg Karl Reinwardt, Pendiri Kebun Raya Bogor

Written By Unknown on Thursday 13 September 2012 | 01:22


bogorgeulis.com Prof. Caspar Georg Karl Reinwardt lahir di Lüttringshausen, Bergisches Land (sekarang bagian dari Nordrhein-Westfalen), Prusia, 3 Juni 1773. Ia adalah seseorang berkebangsaan Jerman yang berpindah ke Belanda dan menjadi ilmuwan botani dan kimia. Caspar lalu diangkat menjadi menteri bidang pertanian, seni, dan ilmu pengetahuan di Jawa dan sekitarnya.

Setelah menjadi menteri, Caspar kemudian tertarik menyelidiki berbagai tanaman yang digunakan untuk pengobatan. Ia memutuskan untuk mengumpulkan semua tanaman ini di sebuah kebun botani di Kota Bogor, yang saat itu disebut Buitenzorg (dari bahasa Belanda yang berarti "tidak perlu khawatir"). Caspar juga menjadi perintis di bidang pembuatan herbarium. Ia kemudian dikenal sebagai seorang pendiri Herbarium Bogoriense juga pendiri dan pemimpin pertama Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan Pustaka.

Sebenarnnya, pendidikan awal Caspar dijalaninya di Remscheid-Lennep, sebuah kota dekat tempat kelahirannya. Namun saat ayahnya meninggal dunia di usia muda, ia lantas menyusul kakaknya yang bekerja di sebuah apotek di Amsterdam, Belanda. Di sinilah, selain membantu kakaknya, Caspar melanjutkan studi kedokteran dan ilmu tumbuh-tumbuhan di Amsterdam.

Di usianya ke-27, ia sudah tersohor sebagai profesor sejarah alam di Universitas Harderwijk, dan tiga tahun berikutnya menjadi rektor di sana. Maka tahun 1816, Pemerintah Belanda mengangkatnya menjadi Direktur Pertanian, Seni, dan Pendidikan untuk Pulau Jawa.
Caspar langsung memulai riset dalam bidang ilmu tumbuh-tumbuhan, dan pada 18 Mei 1817 membangun kebun botani di sebelah rumah peristirahatan Gubernur Jenderal di Buitenzorg.

Selain sebagai peneliti, Caspar juga suka menjelajah berbagai pegunungan di Pulau Jawa. Bahkan, dirinya adalah orang pertama yang mendaki Gunung Gede hingga ke puncak dan membuat laporan tentangnya. Bukan hanya itu, ia juga adalah orang yang memberi referensi kepada Raden Saleh, pelukis ternama abad ke-19, agar dapat memperoleh bea siswa ke Belanda.

Pada tahun 18 Mei 1817, Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen secara resmi mendirikan Kebun Raya Bogor dengan nama s'Lands Plantentuinte Buitenzorg. Pendiriannya diawali dengan menancapkan ayunan cangkul pertama di bumi Pajajaran sebagai pertanda dibangunnya pembangunan kebun itu, yang pelaksanaannya dipimpin oleh Caspar sendiri, dibantu oleh James Hooper dan W. Kent (dari Kebun Botani Kew yang terkenal di Richmond, Inggris).

Sekitar 47 hektare tanah di sekitar Istana Bogor dan bekas samida dijadikan lahan pertama untuk kebun botani. Caspar menjadi pengarah pertamanya dari 1817 sampai 1822. Kesempatan ini digunakannya untuk mengumpulkan tanaman dan benih dari bagian lain yang ada di nusantara. Maka dengan itu, Bogor kemudian menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia. Pada masa itu diperkirakan sekitar 900 tanaman hidup ditanam di kebun tersebut. Bahkan, tahun 1823 Caspar kembali ke Belanda dan mengajar ilmu tumbuh-tumbuhan di Universitas Leiden.

Sejumlah buku bertema tumbuhan dan geologi pernah ditulisnya sebelum menutup usia (80 tahun) pada tahun 1854. Namanya diabadikan dalam jurnal  botani Reinwardtia (ISSN 0034-365X) dari Kebun Raya Bogor dan genus Reinwardtia (famili Linaceae).


Untuk mengenang Caspar Georg Karl Reinwardt , maka pada 17 Mei 2006 Duta Besar Jerman, Broudré-Gröger, bersama-sama dengan Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Umar Angara Jenie, meresmikan Tugu Peringatan Reinwardt yang terletak di komplek Kebun Raya Bogor. 

Foto: en.wikipedia.org


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template