Headlines News :
Home » » Toge Goreng

Toge Goreng

Written By Unknown on Sunday 7 October 2012 | 23:32

Fried Toge/
bogorgeulis.com Yang lain dari kudapan khas Bogor adalah “Toge Goreng”. Toge goreng merupakan makanan khas Bogor yang terkenal karena kenikmatannya yang menggunakan bumbu tauco.

Kendati namanya toge goreng tetapi dalam pengolahannya tidak melalui proses penggorengan sama sekali, namun direbus. Sang penjual menggunakan wajan datar dan serok yang dipakai untuk meracik mie dan toge. Lalu bahan saus yang digunakan dalam toge goreng ini sebagian besar memang terbuat dari kedelai.

Rasa makanan mungkin agak aneh bagi sebagian orang yang tak biasa. Perpaduan oncom dan tauco plus kecap menyuguhkan rasa yang kental, sedikit masam, dan khas. Tetapi jika sudah terlanjur suka, toge goreng adalah penganan yang akan diburu jika menyambangi kota Bogor. Biasanya sepiring toge goreng tersaji bersama mi kuning, ketupat potong, plus tahu berbentuk dadu. Lengkap dengan bumbu siramnya. Bau tauco yang khas dari kuah biasanya langsung membersit indra penciuman begitu hidangan datang. Toge, yang hanya direndam dalam air panas sebentar, membuat sayuran ini tidak layu. Rasa manis dan gurihnya pun tak hilang. Begitu digigit, rasa manis dari toge langsung keluar menyelimuti lidah, mengalir hingga ke rongga mulut dan berpadu pas dengan kuah kental toge goreng yang gurih pedas. Enaknya nendang. Agar lebih nikmat, biasanya toge goreng dimakan bersama kerupuk kuning besar yang tersedia di kedai itu. (idon)

Untuk harganya, murah. Biasanya satu porsi makanan ini dihargai hanya Rp6 ribu. (tg)

Foto: kmk312meettaa.wordpress.com/ beritabogor.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template