Headlines News :
Home » » Adu Kerbau Wujud Silahturahmi Ciasahan

Adu Kerbau Wujud Silahturahmi Ciasahan

Written By Unknown on Saturday 29 September 2012 | 01:55

bogorgeulis.com Indonesia memang unik.Masing-masing daerah mempunyai tradisi yang berbeda dengan daerah lainnya. Seperti Kerbau, yang hanya dikenal sebagai hewan yang digunakan untuk membajak sawah dan dijual untuk dimanfaatkan dagingnya. Namun bagi warga Ciasahan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Bogor, kerbau ternyata memiliki peran tersendiri, yaitu diadu.

Biasanya, bagi masyarakat Ciasahan, tradisi adu kerbau digelar di tengah persawahan milik petani untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri dan menjalin silahturahmi sesama warga. Katanya, tradisi adu kerbau ini selain bisa menaikkan harga kerbau, juga untuk adu kehormatan antar pemilik kerbau.

Dalam adu kerbau ini, biasanya sebelum bertanding para kerbau ini dimandikan terlebih dahulu agar segar saat bertarung. Dan yang tak ketinggalan, juga diiringi oleh kesenian pencak silat dan gendang penca. Pernah juga, saat pertadingan kerbau, pihak penyelenggara juga meminta sumbangan seikhlasnya kepada warga yang menonton. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan jembatan yang menghubungkan lima desa.

Memang, selain di Minangkabau, tradisi adu kerbau yang pertama di pulau Jawa ini hingga kini tidak mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal jika dilestarikan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan atau menjadi kebudayaan khususnya di suku sunda. (nur)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template