Headlines News :
Home » » Objek Wisata Edukasi bagi Anak

Objek Wisata Edukasi bagi Anak

Written By Unknown on Sunday 30 September 2012 | 02:15

bogorgeulis.com Berwisata untuk menghilangkan kepenatan karena rutinitas sehari-hari memang akan sangat menyenangkan. Apalagi jika hal itu dilakukan bersama dengan keluarga. Selain menyenangkan, banyak manfaat wisata bagi anak yang mungkin tidak Anda sadari. Jangan bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan. Tapi pikirkan apa keuntungan yang bisa Anda peroleh dari berwisata bersama keluarga. Apalagi jalan-jalan juga memiliki manfaat untuk memacu perkembangan anak.

Manfaat wisata bagi anak diantaranya adalah membantu anak untuk belajar bagaimana berkomunikasi dengan menggunakan tutur bahasa yang baik. Saat berwisata, anak-anak akan bertemu dengan banyak orang baru dengan cara berkomunikasi dan mungkin bahasa yang berbeda-beda. Selain itu, melalui wisata pun anak-anak akan belajar mengenai ilmu pengetahuan tentang alam, bumi, dan seisinya serta berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan. Berbagai perbedaan mungkin akan ditemui oleh anak Anda. Tapi itu pun menjadi bagian dari belajarnya.

Selain itu, bukan tidak mungkin ia akan menjadi seorang petualang yang haus akan segala informasi terbaru. Hal ini akan menjauhkan dirinya dari sifat mudah jenuh, karena ia akan memandang hidup sebagai sebuah petualangan yang seru.

Nah untuk itu, Bogor memiliki banyak tempat wisata yang bermanfaat bagi anak anda. Termasuk wisata edukasi, baik permainan maupun back to nature. Beberapa diantaranya mungkin sangat tepat bagi anak anda, seperti objek wisata yang di bawah ini.

Godong Ijo 
Di sini, banyak program dan permainan menarik yang pasti akan disukai anak-anak. Selain dapat berinteraksi langsung dengan flora dan fauna, anak juga akan mendapat pelatihan yang berguna untuk membangun sifat-sifat baik serta pelatihan otak agar anak lebih mudah dalam belajar. Dengan harga yang terjangkau dan suasana yang asri, Godong Ijo menjadi tempat yang tepat untuk wisata edukasi atau wisata pendidikan.

Untuk membuka pemahaman siswa akan lingkungan, Godong Ijo menyampaikan dalam bentuk opera yang dipadukan dengan sulap dan pemutaran film mengenai “Pemanasan Global”. Ini akan membantu siswa menyadari pentingnya tindakan nyata untuk menyelamatkan bumi.

Selanjutnya, siswa dapat mengikuti “Reptile Corner”. Ini dia acara yang paling seru di sini. Pada sesi ini, siswa selain belajar seluk beluk reptil, mereka juga berinteraksi langsung dengan memandikan dan memberi makan kura-kura raksasa. Untuk yang terbaik dalam melakukan tugasnya, akan diberi hadiah yaitu naik kura-kura raksasa.

Kemudian, anak-anak dapat berinteraksi dengan “Ball Phyton” yang jinak dan feeding show untuk “Bradded Dragon” (kadal gurun) yang sangat agresif dalam menangkap mangsa. Anak-anak juga dapat memberi makan Kadal Panama, Iguana, dan Biawak. Koleksi lain dari reptil adalah ular. Ada Phyton Albino yang panjangnya 3 meter lebih dan Phyton Reticulatus raksasa dengan panjang 7,5 meter. Sebagai tambahan pengetahuan, anak-anak akan diajarkan bagaimana caranya membedakan ular berbisa dan ular tidak berbisa serta penanganan bila digigit ular.


Wisata Museum
Bagi anak, bermain sambil belajar tidak hanya didalam kelas dan lingkungan sekolah, tetapi juga dapat berkunjung di suatu museum. Bogor juga banyak memiliki museum, salah satunya adalah Museum Zoologi Bogor yang terletak di kawasan Kebun Raya Bogor, di Jl.Ir.H.Juanda Kota Bogor.

Museum Zoologi ini awalnya diberi nama Landbouw Zoologisch, merupakan gagasan dari seorang ahli botani yang sedang berkunjung ke Bogor di Agustus 1894. Museum tersebut langsung dibangun dan selesai pada akhir Agustus 1901. Bangunan ini awalnya dibangun sebagai laboratorium Zoologi yang menjadi wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan Zoologi, meliputi kegiatan inventarisasi fauna Indonesia.

Koleksi museum ini diantaranya adalah kerangka dinosaurus yang sudah membatu, 10.000 jenis serangga yang telah di awetkan, 600 jenis reptil dan ikan, 650 jenis mamalia, 1100 jenis aves unggas dan 700 jenis invertebrata lainnya yang tentunya sudah punah tetapi diawetkan. Koleksi museum antara lain terdiri dari bermacam-macam 0ffset binatang yang ada di Indonesia.


Taman Mekarsari
Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Mekarsari, mulai dari wisata petik buah, wisata mainan anak-anak, outbound sampai wisata pendidikan. Untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut kita bisa memilih paket-paket yang telah disediakan oleh pengelola, seperti paket tur menanam, budidaya tanaman, tur berkebun, paket pelajar, paket perusahaan, perkemahan, outbound, kultur jaringan tanaman, paket hiburan dan masih banyak lagi. Semua paket-paket tersebut sengaja dibuat untuk memudahkan kita melakukan aktivitas selama berada di kebun buah tropis terbesar di dunia ini.


The Jungle Water Adveture
The Jungle merupakan sebuah kawasan rekreasi yang bisa menjadi tujuan wisata keluarga. The Jungle juga kerap dijadikan sebagai tujuan wisata edukasi bagi anak-anak sekolah yang hendak berekreasi sambil belajar. Kawasan wisata menarik ini dibangun di kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence yang memliki latar pemandangan yang sangat indah karena tepat dibelakangnya berdiri kokoh Gunung Salak.




Kampoeng Air Katulampa
Kampoeng Air Katulampa merupakan satu dari sekian banyak objek agrowisata di Kota Bogor yang dapat dijadikan alternatif keluarga atau pecinta wisata alam yang hendak menikmati suasana back to nature. Sesuai dengan namanya, objek wisata yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektar ini, terletak di kampung Katulampa, Bogor Timur. Berlokasi strategis, sekitar 4,5 km dari gerbang tol Jagorawi Bogor, dan melekat dengan bendungan besar Katulampa, Kampoeng Air Katulampa menawarkan aktivitas alam yang unik dan menantang.

Sebagai objek agrowisata, lokasi ini menawarkan aktivitas memancing sebagai salah satu menu utama wisata alam. Setidaknya terdapat 4 kolam pemancingan yang disediakan untuk penikmat wisata alam yang hendak berekreasi, berolah raga, atau sekedar menyalurkan hobi.Untuk aktivitas memancing ini. Melengkapi kenyamanan pengunjung, lokasi yang dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 05.00 sore ini juga menyediakan saung-saung kecil. Tersedia pula fasilitas seperti mushola, tempat parkir, toilet dan mini market yang terpadu bersama lokasi wisata. Para pemancing dapat membawa pulang hasil pancingannya atau dapat pula menikmati hasil pancingannya karena tersedia restoran yang menyajikan hidangan ikan hingga makanan khas Jawa Barat seperti lalapan dan karedok dengan harga yang relatif terjangkau.

Alternatif wisata lain yang ditawarkan oleh Kampoeng Air Katulampa adalah aktivitas outbound seperti berkemah, arung jeram, dan flying fox. Di tempat ini juga menyediakan arena wisata edukasi di alam bebas bagi anak-anak atau pelajar seperti membajak sawah, menangkap ikan, menunggang kerbau dan memandikan kerbau hingga menanam padi. Kegiatan ini menjadi salah satu wahana favorit bagi anak-anak sekolah karena mereka dikenalkan langsung dengan alam. Untuk pengunjung yang hendak bermalam, tersedia pula penginapan bergaya rumah panggung yang dimana dibawahnya terdapat kolam yang dipenuhi ikan hias. Penginapan tersebut dapat dijadikan alternatif bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya ditemani suasana alam yang identik dengan alam pedesaan yang asri.

Tempat ini juga cocok bagi pengunjung yang datang untuk sekedar menikmati hidangan aneka ragam masakan ikan dan menikmati suasana alam yang menyejukkan. Bagi anda pecinta agrowisata, rasanya tak salah bila tempat ini direkomendasikan sebagai salah satu pilihan bila berwisata ke kota Bogor.


Pasir Mukti
Bila anak kita berkunjung ke Kebun Wisata Pasir Mukti, akan diajak berwisata sambil belajar, seperti menanam buah, menyaring air, dan menanam padi. Melalui wisata agro yang mendidik dan menghibur, memberikan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi pengunjung, khususnya anak-anak sekolah.

Selain itu dapat menikmati beragam panorama dan kegiatan yang mengasyikkan. Misalnya empat kolam pemancingan dengan jenis ikan bawal, emas, patin, dan gurame, jalan santai di antara ekbun buah lemong cui (jeruk Manado), belimbing, sawo, dll (fruty walk), tanaman anggrek dan tanaman hias dengan aneka dendro, phalaenopsis, cattleya, bromeliad, gusmania, dan lain-lain. Jika ingin menginap, di Kebun Wisata Pasir Mukti tersedia pondok penginapan (cottage) dengan arsitektur Minahasa.


Kampung Wisata Cinangneng
Kampung wisata ini terletak di Jl. Babakan Kemang, Kecamatan Ciampea. Kampung Wisata Ciangneng membuka kesempatan kepada wisatawan yang ingin berwisata dalam suasana pedesaan, khususnya kepada siswa sekolah, melalui program yang diberi nama “Tour Poelang Kampung”. Di sana Anda akan diajari berbagai ketrampilan khas warga desa seperti membungkus nasi timbel, membuat wayang dari daun singkong, belajar tari jaipong, bermain gamelan, atau membuat kue.

Tak hanya itu, yang paling mengasyikkan adalah jalan-jalan keliling kampung dan sekaligus “praktek” menjadi warga desa, seperti belajar bermain angklung & menyanyi lagu Sunda, belajar menanam, menggarap atau memanen padi. Ada lagi yang tak kalah serunya adalah memandikan kerbau, bermain ala permainan anak desa dan berkreasi dengan huruf dan warna di atas Caping (topi petani).

Setelah puas berkeliling, rombongan diajak bersantai untuk tea break dengan berkunjung ke rumah warga, dan di sana mereka dijamu dengan minuman teh dan gorengan seperti singkong goreng, pisang goreng atau ubi. (feb)

foto: berbagai sumber
Share this article :

1 comment:

  1. Kampung Horta
    Satu lagi tempat di Bogor yang bisa menjadi salah satu altternatif wisata edukasi atau wisata belajar terutama untuk anak-anak sekolah..
    Namanya Wisata Keterampilan Kampung Horta. Kampung Horta merupakan sebuah kampung kecil yang terletak di Kp. Selahuni, Desa Ciomas Rahayu, Kec. Ciomas, Bogor.
    Disebut kampung horta karena sebagian besar ibu-ibu dan remajanya mempunyai pekerjaan sampingan sebagai pembuat/pengrajin boneka horta.
    Ada beberapa aktivitas yang ditawarkan di Kampung Horta ini diantaranya, pelatihan pembuatan boneka Horta, pelatihan teknik dasar menyablon, pelatihan pembuatan telur asin, pelatihan pembuatan terarium, pelatihan daur ulang kertas, pelatihan pembuatan minuman cincau dan pengenalan tanaman obat, pengenalan ekosistem sawah, cara menanam padi disawah dan games seru di sawah seperti lomba menangkap bebek, lomba menangkap ikan dan lomba memindahkan belut..
    Semunya praktek dan semua hasilnya boleh dibawa pulang oleh peserta..

    Wisata Edukasi Bogor ya Kampung Horta

    http://kampunghorta.blogspot.com

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template