Headlines News :
Home » » Kekhasan Doclang

Kekhasan Doclang

Written By Unknown on Sunday 2 December 2012 | 00:44

Doclang, satu nama makanan yang unik, salah satu makanan khas Bogor. Bila anda berkunjung ke Bogor cobalah doclang di depan Toko Terang Jembatan Merah atau bila kebetulan sedang berkunjung ke Kampus IPB Darmaga, di depan Pintu 2 Kampus IPB Darmaga, di tepi jalan raya Bogor - Leuwiliang, silakan kunjungi pikulan doclang Pak Acim. 

Dahulu makanan ini biasanya dimakan untuk sarapan pagi, sebelum anak-anak berangkat ke sekolah atau orangtua pergi ke tempat pekerjaannya. Tahun 1960-an di kampung-kampung masih banyak penjual doclang di rumah penduduk, yang hanya berjualan sejak sekitar pukul 5.30 sampai pukul 7.30. Ada juga pedagang doclang keliling dengan menggunakan pikulan. Entah sejak kapan doclang di kampung-kampung mulai hilang, mungkin tersaing makanan instan sebagai menu sarapan pagi. 

Doclang itu makanan seperti apa? Bila belum tahu persis, makanan ini dapat dikatakan mirip kupat tahu atau ketupat tahu dan lontong sayur. Doclang adalah makanan yang terdiri dari campuran pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil. 

Diantara bahan-bahan pembuat doclang hanya pesor—Pesor itu semacam ketupat tapi dibungkus daun patat, bentuknya empat persegi panjang ukurannya kira-kira sebesar dua buah blackberry bold digabung menjadi satu. yang mungkin belum diketahui banyak orang. 

Bahan pembuat doclang lainnya sudah tak asing yaitu tahu goreng, kentang rebus yang digoreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap, kerupuk dan emping tangkil. Beberapa penjual doclang masih ada yang fanatik menggunakan kecap cap Zebra made in Bogor, walaupun tentu saja dapat menggunakan kecap asin atau kecap manis merk lain. Dikutip dari: wisata.kompasiana.com 

Foto: bogor.2menit.com
Share this article :

1 comment:

  1. Masih di jual di daerah mana ya? pengen juga nyicipin doclang...namanya unik, asal namanya dari mana itu ?

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template