Headlines News :
Home » » Hotel untuk Sapi

Hotel untuk Sapi

Written By Unknown on Wednesday 24 October 2012 | 03:15

Hotel biasanya diperuntukkan bagi seseorang yang ingin beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Namun kali ini beda. Ada hotel untuk sapi. 

Meski telah lama berdiri, mungkin ini baru yang pertama kali ada di Indonesia, sebuah hotel yang memang dikhususnya untuk sapi. Letaknya di jalur pantura, Alas Roban Batang, Jawa Tengah. 

Kastolani sang pemilik hotel mengatakan, hotel sapi ini telah berdiri sejak 1965. Ide hotel ini berawal karena seringnya ia melihat truk-truk yang membawa sapi sering kali beristirahat di hampir setiap tepi jalan setelah mereka menempuh perjalanan jauh. Biasanya, sapi-sapi langsung diturunkan dan diikat ke pohon. Jelas, dimata Kastolani, hal itu akan dapat mengganggu dan membahayakan pengguna jalan dan lingkungan sekitar. Maka sejak saat itulah Kastolani langsung membuat tempat peristirahatan bagi sapi-sapi. 

ilustrasi
Meski namanya hotel, tetapi hotel hewan kurban ini sangat berbeda dengan hotel yang kita ketahui. Karena untuk sapi, hotel ini hanya terdiri dari los panjang kandang-kandang. Tidak ada dinding, atap terbuat dari daun sirap, dan ada tiang kayu penyangga serta kayu memanjang untuk menambatkan tali pengikat leher sapi. Selain itu, juga dilengkapi dengan balai-balai untuk peristirahatan para kru truk pembawa sapi yang menginap. 

Kebanyakkan, sapi-sapi yang menginap di hotel ini berasal dari Lumajang, Blitar, Trenggalek, Bondowoso, dan Jember yang hendak ke Jakarta atau Bandung. Namun terkadang juga ada dari Madura, Bali, hingga Lombok. Biasanya, mereka sampai di Batang pada pukul 02.00-03.00. Setelah istirahat sekitar lima-enam jam barulah mereka melanjutkan perjalanan ke Jakarta atau Bandung. 

Tentu perjalanan 14 hingga 16 jam akan membuat sapi-sapi kelelahan dan butuh istirahat. Ini agar sapi dapat segar dan dijual dengan cepat tentunya. Nah, di hotel sapi inilah banyak yang dapat diperoleh oleh sapi-sapi yang menginap. Tarif menginapnya hanya Rp 60.000/truk, atau 16 ekor sapi. 

Lalu fasilitas dan servis apalagi yang didapatkan si sapi? Banyak. Biasanya, sapi akan dicek kondisinya satu persatu, apabila, ada yang sakit akan dipisahkan, menjauh dari sapi lainya. Lalu, untuk menyegarkan tubuh, sapi akan diberikan ramuan jamu, yaitu kopi dicampur obat flu. Bukan hanya itu, sapi juga akan dipijat. Tapi untuk makanan tidak gratis, seikat rumput segar dihargai Rp5.000. 

data dari suaramerdeka.com yang telah diedit oleh redaksi 
Foto: uniknyaindonesiaku.blogspot.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template