Headlines News :
Home » » Gunung Batur Raih Geopark

Gunung Batur Raih Geopark

Written By Unknown on Monday 12 November 2012 | 00:10

bogorgeulis.com Indonesia memang kaya akan adat, tradisi budaya serta panorama alam yang tiada tara. Salah satunya adalah Bali, yang sudah terkenal memiliki adat budaya serta keindahan alamnya yang eksotis. Namun dari banyak daerah di Bali yang menjadi tujuan wisata, salah satunya ada di Batur, sebuah desa di Kintamani, Kabupaten Bangli. 

Sebagai sebuah desa, Batur sangatlah natural namun menyimpan sejuta keindahan. Mulai dari danau, gunung, hingga kearifan lokal yang tetap terjaga. Disini terdapat beberapa obyek wisata favorit, seperti danau, pura, hingga pemakaman jenasah. 

Dari sekian keindahan Batur, yang tak boleh dilewatkan adalah keberadaan Gunung Batur. Gunung ini merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani. Letaknya di barat laut Gunung Agung. Dan keagungan Gunung Batur ini ini karena memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km yang menjadi salah satu yang terbesar dan terindah di dunia. 

Untuk itu, pada 22 September 2012, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, UNESCO, telah menetapkan Gunung Batur sebagai “Geopark Dunia”. Gunung Batur ditetapkan sebagai geopark atau taman bumi, karena dinilai sebagai kawasan atau situs warisan geologi (geological heritages) yang mempunyai nilai ekologi dan warisan budaya (cultural heritages). Selain itu berfungsi sebagai daerah konservasi, edukasi dan sustainable development

Penghargaan itu juga tidak terlepas dari lanskap geologi yang unik dan pemandangannya yang menawan. Terutama kawah, kaldera, dan danau Batur yang telah menjadi obyek wisata andalan di Bali. Batur juga menjadi unik karena adat istiadat pemakaman yang dilakukan hanya dengan diletakkan di atas batu besar di tiga lokasi tertentu. (teg) 


Foto: ebali-tour.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bogor Geulis - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template